fbpx
Banner_Website_Deltacloud_4 04

Sebagian dari kita mungkin saja ada yang baru menggunakan atau membeli sebuah domain untuk memulai bisnisnya. Lalu apakah Anda pernah mengalami saat membeli baru sebuah domain beserta hosting yang sudah aktif, namun tak bisa digunakan?

Mungkin saja penyebabnya adalah Propagasi DNS, tapi apa pengertian dari propagasi DNS ini lalu bagaimana cara mengeceknya. di artikel ini kita akan membahasnya semua, penasaran dengan pembahasannya? yuk disimak sampai akhir ya.

Daftar Isi:

  1. Pengertian Propagasi DNS,
  2. Penyebab Propagasi DNS,
  3. Cara Mengecek Propagasi DNS, dan
  4. Cara Mempercepat Propagasi DNS.

Pengertian Propagasi DNS

Pengertian Propagasi DNS adalah sebuah proses yang memerlukan waktu untuk memperbarui DNS ketika kita membeli domain baru. hal ini bertujuan agar DNS yang kita punya perlu melakukan penyamaan terhadap semua server yang ada di beberapa titik. 

Selama proses Propagasi DNS tadi ketika kita atau pengunjung ingin mengunjungi website tersebut maka tidak akan bisa. dikarenakan masih dalam tahap proses penyamaan tadi, lalu kapan selesainya proses propagasi DNS tersebut?.

Dalam proses propagasi DNS tersebut, terdapat beberapa perbedaan dalam selesainya proses update ke semua server. yakni 24 jam atau 48 jam. namun cepat atau lambatnya selesai proses dari propagasi DNS ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Propagasi DNS

Mungkin dari sebagian kita ada yang bertanya tanya mengapa propagasi dapat terjadi, dan apa saja penyebabnya terjadi propagasi DNS? berikut penyebabnya:

  1. Umur Domain Name – Semakin baru nama domain yang kita miliki maka semakin membutuhkan waktu untuk melakukan proses propagasi DNS,
  2. ISP (Internet Service Provider) – Dalam hal ini sangat mempengaruhi proses terjadinya propagasi DNS, karena tergantung dari ISP yang digunakan oleh penggunanya, dan
  3. Registrar – Tempat Anda melakukan pendaftaran domain akan mempengaruhi percepatan propagasi DNS. domain name internasional atau TLS biasanya memiliki respon yang lebih cepat jika dibandingkan register domain name lokal atau ccTLD.

Cara Mengecek Propagasi DNS

Dalam hal melakukan pengecekan terhadap Propagasi DNS disini terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan, diantaranya: 

1. Menggunakan Alat Propagasi DNS

Alat yang dimaksud untuk mengecek propagasi DNS yakni sebuah website yang bernama DNSChecker yang dapat melihat dimana saja server domain yang Anda miliki berada diseluruh dunia. contohnya sebagai berikut:

  1. Buka website https://dnschecker.org/
  2. Ketik alamat domain Anda pada kolom DNS Check, lalu klik search atau tekan Enter
Gambar SS DNS Checker

3. Setelah masuk dalam pencarian propagasi DNS Anda, maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas.

4. ketika semua proses propagasi DNS telah selesai, maka Anda akan melihat centang hijau pada kanan kolom seperti gambar dibawah ini.

DNS Check Server

2. Menggunakan Command Prompt

Cara cek propagasi Domain Name Server (DNS) lain yaitu dengan menggunakan fitur dari command prompt yang biasanya telah disediakan oleh penyedia layanan hosting website Anda. berikut langkah-langkahnya:

  1. Login cPanel terlebih dahulu. Caranya Anda dapat membuka link website cpanel Anda, contohya http://websiteanda.com/cpanel. Kemudian masukkan username dan password Anda,
  2. Ketika sudah masuk kedalam menu cPanel, Anda dapat melihat informasi IP hosting di bagian kanan pada dashboard cPanel,
  3. Kemudian Anda dapat mengklik Windows+R untuk membuka aplikasi command prompt atau cmd.
  4. Lalu ketik ping namadomainanda.com, dan enter,
  5. Jika ip dari respon tersebut sama dengan ip hosting di cP, dan
  6. anel Anda, maka domain tersebut sudah terdaftar dengan benar.

Cara Mempercepat Propagasi DNS

Ada beberapa cara dalam mempercepat proses propagasi DNS pada laptop anda, sebagai berikut!

  1. Melakukan Refresh Browser,
  2. Menghapus Cache Web Browser,
  3. Mematikan ISP Sementara,
  4. Melakukan Flush DNS, dan
  5. Mengatur TTL (Time to Live) DNS.

Leave A Comment

What’s happening in your mind about this post !

Your email address will not be published. Required fields are marked *