fbpx
Banner_Website_Deltacloud_5 03

Jika Anda seorang developer website yang sedang membangun website sudah lama, dengan pencapaian yang hampir Anda dapatkan namun beberapa kendala terjadi pada website Anda. Hal ini merupakan pertanda Anda harus melakukan pengelolaan terhadap website Anda. 

Mungkin Anda harus kebingungan mengapa layanan yang Anda berikan semakin berkurang jika kapasitas website yang dimiliki sudah mencapai batasnya. Hal ini bisa terjadi beberapa faktor diantaranya:

  1. Trafik website yang sudah terlalu tinggi
  2. Membutuhkan akses full root
  3. Memiliki klien yang banyak
  4. Menginginkan kebebasan terhadap konfigurasi server dan aplikasi tambahan
  5. Menginginkan kebebasan untuk kebutuhan dalam menentukan Resource
  6. Anda memiliki kemampuan teknis untuk mengelola server

Dalam beberapa kendala tersebut merupakan gejala atau tanda-tanda jika Anda harus menggunakan layanan VPS (Virtual Private Server). VPS adalah server virtual yang berfungsi untuk menyimpan data dan juga file pada website. Biasanya VPS digunakan untuk website yang memerlukan sumber daya yang besar. Karena penggunanya tidak perlu berbagi pada sumber daya dengan website lain seperti misalnya Shared hosting.

Maka dari itu sudah banyak para pengembang website yang beralih ke VPS hosting, karena merupakan pilihan yang aman dan juga stabil jika dibandingkan dengan shared hosting. Oleh karena itu anda tidak perlu lagi menggunakan ruang server yang Dedicated. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih orang-orang pasti akan lebih memilih yang praktis.

Lantas jika Anda termasuk orang-orang yang membutuhkan layanan VPS apa saja yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih layanan tersebut?. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai persiapan sebelum Anda memilih layanan VPS:

  1. Perhatikan sistem operasi yang tersedia
  2. Hardisk yang digunakan
  3. Sesuaikan dengan rencana Anda
  4. Backup si penyedia
  5. Teknologi yang digunakan
  6. Pemilihan lokasi

Untuk lebih memperjelas bagaimana persiapan dalam memilih layanan VPS kami akan menyebutkan beberapa dari kemungkinan di atas, berikut penjelasannya!

Baca juga : CMS Yang Cocok Untuk Website Anda

Perhatikan sistem operasi yang tersedia

Sistem operasi yang digunakan oleh si layanan VPS menjadi sangat penting. Banyak dari para pengembang website sudah mencari VPS dengan layanan linux karena hal ini berjalan seiring majunya teknologi. Namun jika Anda pengguna windows untuk lebih memaksimalkan layanan maka Anda juga harus menggunakan VPS windows juga.

Hardisk yang digunakan

Jika sekarang sudah banyak para penyedia layanan VPS yang menggunakan SSD karena sistem kerjanya yang dapat dipercaya. Namun HDD juga sangat perlu di pertimbangkan karena beberapa kasus yang sering dialami oleh pengembang website adalah memerlukan kapasitas disk space yang lebih besar. Jika masih menggunakan SSD maka hal tersebut akan menyebabkan VPS yang akan semakin overload.

Sesuaikan dengan rencana Anda

Perencanaan ini sangat penting dan wajib Anda lakukan ketika ingin memilih VPS. Maksud dari menyesuaikan dengan rencana Anda adalah apakah dalam waktu dekat atau tidak Anda memerlukan sumber daya yang tinggi. Tak hanya itu perencanaan ini sangat penting untuk menentukan proses migrasi saat dilakukan. Karena pertimbangan ini juga diperlukan sebanding proses VPS akan lebih rumit ketimbang shared hosting.

Backup si penyedia

Beberapa orang pasti akan sibuk dengan pekerjaannya masing-masing tak menutup kemungkinan Anda juga. Hal ini termasuk kedalam perencanaan jika Anda memilih VPS karena melakukan backup secara berkala hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki rutinitas. Namun jika Anda yang harus melakukannya akan ada kemungkinan beberapa data-data penting bisa hilang. Jadi sangat perlu Anda memilih layanan VPS yang menyediakan layanan backup secara berkala, agar data-data Anda yang penting tetap terjaga dengan aman.

Teknologi yang digunakan

Untuk meningkatkan dan memaksimalkan pengguna website Anda tentu Anda harus mengikuti perkembangan teknologi zaman sekarang. Sebagai contohnya adalah penggunaan versi kernel yang digunakan dalam cloud VPS. Tapi ternyata beberapa aplikasi tidak mendukung versi kernel ini maka Anda juga harus mempertimbangkan dalam teknologi yang digunakan dalam VPS tersebut.

Pemilihan lokasi

Mungkin sebagian orang-orang tidak memikirkan untuk lokasi dalam layanan VPS, nyatanya hal ini akan menjadi masalah jika mengalami gangguan server. Anda juga mungkin harus tahu terlebih dahulu bahwa beberapa penyedia layanan VPS menyimpan servernya tidak berada di Indonesia tetapi ada juga yang di luar negeri seperti contoh Singapura. Hal ini dapat berpengaruh pada website Anda jika sedang melakukan pengiriman data dari dan ke server.

Kesimpulan:

Itu lah beberapa kemungkinan yang harus Anda lakukan ketika ingin melakukan perpindahan ke layanan VPS. Untuk beberapa pertimbangan tersebut harus Anda pikirkan secara matang, agar di waktu kemudian Anda tidak akan menyesal dalam memilih layanan tersebut. Untuk mencari Layanan VPS yang terpercaya Anda dapat mencarinya dengan mudah pada mesin pencarian Google. 

Leave A Comment

What’s happening in your mind about this post !

Your email address will not be published. Required fields are marked *