fbpx
Banner_Website_Deltacloud_5 05

Sedang membangun suatu usaha dari kecil-kecilan? dan sudah menjalani bisnisnya atau mungkin masih kebingungan dalam membangun usaha agar menjadi lebih terkenal. Tenang Anda sudah berada di situs yang paling tepat untuk membangun suatu usaha, jika Anda termasuk kedalam golongan pelaku UMKM maka berikut pentingnya Logo dan Brand bagi usaha pemula.

Apa Itu Logo?

Logo adalah sebuah elemen grafis yang memiliki beragam bentuk seperti simbol, emblem, ikon, ideogram, yang digunakan untuk lambang sebuah brand. Logo juga merupakan sebuah atribut utama brand yang terlibat secara fisik. Tetapi logo yang baik harus bisa menampilkan semua atribut nonfisik yang merupakan jiwa dan isi dari brand tersebut (visi,misi,budaya dan nilai).

Logo atau Brand akan sangat begitu penting bagi usaha dalam bentuk apapun, terkhususnya lagi buat Anda yang masih termasuk ke usaha kecil UKM. Sebab Logo dan Brand yang dimiliki akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat.  

Selain itu Logo juga tak hanya sekedar gambar logo dan nama usaha saja, tetapi merupakan gambaran persepsi orang saat mendengarkan nama perusahaan atau produk layanan usaha yang Anda miliki. Maka dari itu sangat diperlukan untuk dipertimbangkan, dilakukan, diperjuangkan, dibicarakan dan ditampilkan ke khalayak umum.

Untuk lebih memudahkan pentingnya sebuah logo perusahaan atau UKM disini sejenak kita akan membahas beberapa filosofi terhadap logo Unilever

Logo

Jika dilihat sekilas Unilever memiliki logo yang sangat sederhana, yakni berbentu huruf U. Tetapi jika Anda lebih memperhatikannya, ada banyak unsur yang terkandung didalam logo Unilever ini. Didalam logo tersebut terdapat berbagai unsur-unsur diantaranya:

  1. Mangkuk
  2. Air atau tetesan
  3. Hati
  4. Bibir
  5. Matahari
  6. Tangan
  7. Bungan
  8. Tumbuhan
  9. Wadah penyimpan
  10. Partikel
  11. Es krim
  12. Lebah
  13. Rambut
  14. Saus atau selai
  15. Ikan
  16. Pakaian
  17. Daun teh
  18. Kilauan seperti cahaya
  19. Pohon palem
  20. DNA
  21. Sendok
  22. Ombak
  23. Daur ulang
  24. Burung

Unsur-unsur Didalam Logo

Dari berbagai unsur yang terkandung di dalam logo Unilever tersebut masing-masing memiliki beberapa maksud dan arti tersendirinya, berikut ini beberapa makna yang terkandung di dalam logo tersebut:

  1. Mangkuk = Makanan siap saji
  2. Hati = Merupakan simbol cinta yang bearti perhatian atau perawatan kesehatan
  3. Bibir = Menjadi simbol bagian dari wajah dan dunia kecantikan, dan penampilan yang memiliki cita rasa
  4. Tangan = Kebutuhan atau sentuhan pemeliharaan
  5. Matahari = Merupakan simbol utama yang menjadi konsep dasar brand Unilever
  6. Bunga = Melambangkan harum atau wewangian 
  7. Tumbuhan = Sumber alami
  8. Pakaian = Melambangkan cucian yang bersih dan penampilan yang menarik
  9. Rambut = Yang berarti kecantikan penampilan
  10. Bumbu dapur = Melambangkan rasa, penambah rasa
  11. Sendok = Citarasa dalam memasak
  12. Ombak = Kesegaran dan tenaga
  13. Daur ulang = Merupakan komitmen Unilever dalam menjaga kelangsungan hidup lingkungan
  14. Burung = Kebebasan

Jadi visi, misi, nilai serta budaya yang disampaikan oleh perusahaan ternama Unilever Indonesia ini adalah berorientasi sebagai produk yang sukses dalam melebarkan sayapnya. Yang artinya sebagai penghasil produk makanan minuman, kecantikan, pembersih rumah tangga dan juga kesehatan. Yang dikemas dengan logo “U” untuk mewakili Unilever dengan berbagai simbol yang dapat mempresentasikan produk-produknya.

Baca Juga : 9 Manfaat Template Website Untuk Toko Online!

Manfaat Dari Logo

Jika dilihat dari contoh logo Unilever tadi maka kita juga bisa dapat menyimpulkan bahwa sebuah logo dan brand terdapat beberapa hal yang penting diantaranya :

  1. Logo dan Brand sebagai Aset
  2. Logo dan Brand dapat menempel di ingatan
  3. Logo dan Brand menciptakan kepribadian
  4. Logo dan Brand Dapat mengunggah sisi emosional konsumen
  5. Logo dan Brand memudahkan pelanggan dalam menemukan bisnis kita
  6. Logo dan Brand dapat mempengaruhi perilaku pembelian
  7. Logo dan personal branding saling terkait

Maka dari itu sangat penting untuk membuat sebuah logo bagi UKM kita, teruntuk bagi Anda yang sebagai pemula berikut beberapa hal penting dalam pembuatan Brand dan juga logo berikut pembahasannya!

  1. Nama = merupakan rangkaian kata yang dapat mendeskripsikan produk atau layanan jasa usaha kita
  2. Logo = Bentuk visual yang mencerminkan brand usaha kita
  3. Bentuk = Tidak perlu yang rumit-rumit, cukup sederhana dan mudah diingat
  4. Warna = Harus menggunakan warna yang dapat mencerminkan brand kita

Kesimpulan Dari Logo Adalah

Dengan membuat logo usaha yang simpel, sederhana dan juga propesional maka akan membuat usaha kita semakin mudah dikenal oleh masyarakat sekitar hingga manca negara sekalipun. Untuk itu lah mengapa pentingnya logo untuk UMKM masa kini.

Leave A Comment

What’s happening in your mind about this post !

Your email address will not be published. Required fields are marked *