fbpx
Banner_Website_Deltacloud_4 07

Mungkin Anda masih bertanya tanya dan kebingungan dalam membuat sebuah website, atau bahkan disuruh untuk membeli sebuah hosting? untuk keperluan website Anda. nah dengan memahami apa itu hosting maka akan mempermudah Anda dalam menjalankan website yang akan Anda buat

Pada artikel kali ini yang berkaitan dengan hosting akan Anda peroleh dan semua penjelasannya ada disini, dari  pengertian hosting, fungsi, cara kerja serta jenis jenisnya.  Jadi apakah Anda sudah siap untuk mempelajari apa itu hosting? kalau sudah, kita langsung saja masuk ke pembahasannya!

Daftar Isi

daftar isi:

  1. Pengertian Hosting,
  2. Fungsi Hosting,
  3. Cara kerja Hosting,
  4. Jenis Jenis Hosting, dan
  5. Kesimpulan.

1. Apa Itu Hosting?

Gambar Apa Itu Hosting

Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan berbagai file seperti data base, gambar, video, script, aplikasi, sampai teks sekalipun yang bisa diakses secara online oleh siapa pun dan kapan pun. Maka dari itu sebelum anda membuat sebuah website anda harus menyewa atau membeli hosting terlebih dahulu.

Hosting ini dapat diibaratkan sebuah pondasi rumah yang mana akan kita bangun dengan beberapa bangunan. Seperti pagar, taman, kolam, atau yang lainnya. sama halnya dengan website dengan bantuan hosting dapat pula membantu keinginan kita layaknya rumah tadi.

2. Fungsi Hosting?

Gambar Fungsi Hosting

Setelah Anda memahami pengertian dari hosting diatas, yang harus Anda pahami juga adalah fungsi dari hosting tersebut. Apa saja fungsi dari hosting? berikut penjelasannya :

1. Membuat Halaman Website

Tentu saja fungsi yang pertama ini sangat diperlukan dalam membuat website bagi pemula atau bahkan pebisnis sekalipun, dengan bantuan hosting dapat menyimpan atau menginformasikan data data yang akan ditampilkan dalam website yang Anda miliki.

Kemudian website Anda akan berjalan secara search engine agar bisa di akses oleh siapa saja dan kapan saja.

2. Membuat Email Profesional

Selain membuat halaman website, hosting juga dapat membantu meningkatkan email sebuah perusahaan atau domain kita sendiri. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja bisnis yang kita jalankan sekarang serta bisa meningkatkan reputasi sebuah perusahaan.

3. Mampu Melindungi Website dengan SSL

Kemudian dalam meningkatkan kinerja dan profesional bisnis website yang kita jalankan, hosting juga mampu melindungi website kita dengan menggunakan SSL atau (secure socket layer) hal ini bertujuan agar menghindar serangan dari malware, virus, terindikasi serangan DDOS atau terkena spam dan sebagainya.

4. Mengembangkan Online Shop

Banyak dari pengguna internet adalah sebagai pemanfaatan lahan bisnis, dengan adanya bantuan hosting dapat meningkatkan produktivitas sebuah online shop, karena dapat membantu para pengguna internet dalam pencarian kategori yang ingin dikunjungi.

5. Meningkatkan SEO Website

Tanpa disadari hosting juga dapat membantu website kita dalam mesin pencarian. Jika fitur yang diberikan oleh penyedia hosting sangat bagus maka bisa dijamin bahwa website yang sedang kita jalankan dapat menjadi pencarian teratas.

3. Cara Kerja Hosting?

Dalam memahami cara kerjanya hosting sangatlah mudah, ada beberapa tahap yang harus Anda ketahui dalam cara kerja hosting.

  1. Server hosting menyimpan bermacam file yang diperlukan oleh website. Misalkan : gambar, video, script, database, aplikasi, atau teks sekalipun,
  2. Pengguna internet mengunjungi domain yang Anda miliki bisa dari (mozilla, google, yahoo, opera mini, internet explorer dan masih banyak lainnya),
  3. Browser meminta server hosting mengirim file website ke browser,
  4. Server mengirimkan file yang dibutuhkan, dan
  5. Pengunjung dapat mengakses website yang Anda miliki.

Namun perlu Anda ingat juga tidak semua penyedia hosting menyediakan pelayanan dengan sempurna, terkadang bisa saja terjadinya down pada server yang digunakan atau faktor lainnya. Tetapi dengan Anda rutin membayar sewaan pada layanan hosting Anda, maka Anda bisa mengakses dengan mudah tanpa terkendala dengan koneksi.

4. Jenis-Jenis Hosting?

Gambar Jenis-Jenis Hosting

Bagi Anda para pemula dalam membeli atau menyewa hosting, Anda harus dapat membedakan jenis-jenis hosting yang akan digunakan. Setiap penyedia hosting menyediakan jenis-jenis yang berbeda tergantung kebutuhan klien atau pembeli.

Dalam membantu Anda dalam memahami jenis-jenis hosting berikut beberapa jenis yang disediakan penyedia hosting:

1. Shared Hosting

Untuk jenis hosting yang satu ini sangat banyak digunakan oleh kalangan pengguna website. selain banyak digunakan ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam Shared Hosting ini diantaranya:

Kelebihan:

  • Harga Terjangkau,
  • Server hosting dikelola dan dirawat oleh management,
  • Cocok untuk pemula, dan
  • Fasilitas cukup lengkap, dimulai dari disk space, unlimited bandwidth, database, hingga SSL yang dimiliki.

Kekurangan:

  • Jika ada user yang menggunakan fasilitas secara berlebihan, website user lain dapat ikut merasakan dampaknya seperti lemot, server down atau yang lainnya, dan
  • Adanya batas penyimpanan dan fasilitas pada server.

2. Cloud Based Hosting

Untuk jenis yang kedua ini paling banyak diminati oleh pengguna website, karena tidak memiliki downtime. Cloud hosting menggunakan sekelompok server yang mana file dan resource yang direplikasi di setiap server. jadi, ketika salah satu server yang dimiliki sedang sibuk, maka otomatis trafik situs Anda akan di-route menuju server yang lain dalam suatu klaster.

3. VPS Hosting

Dalam menggunakan VPS (Virtual Private Server) hosting, Anda masih bisa berbagi server dengan pengguna lainnya. Namun, bagi si penyedia web hosting telah mengalokasikan beberapa bagian untuk Anda sendiri di server. Hal ini agar Anda mendapatkan space server yang dedicated dan memperoleh sejumlah power computing dan memory.

Kelebihan:

  • Space server yang dedicated,
  • Meningkatkan traffic di website lain tidak dapat dampak bagi performa situs Anda, dan
  • Dapat dikelola sendiri.

Kekurangan:

  • Terbilang mahal dari pada shared hosting, dan
  • Harus bisa menguasai informasi dan pengetahuan dasar terkait manajemen server.

4. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan hosting dengan resource selayaknya VPS, tapi dengan kemudahan penggunaan seperti Shared Hosting. Artinya adalah anda sebagai pemula tak perlu memiliki skill terlalu mendalam, dalam hal teknis pengelolaan server, hal ini lah yang menjadi incaran para pebisnis website.

Kelebihan:

  • Resource yang tersedia banyak,
  • Full managed oleh penyedia hosting,
  • Tidak perlu pengetahuan teknis yang mendalam, dan
  • Dapat menampung traffic sangat tinggi.

Kekurangan: 

  • Harga terbilang mahal dari VPS dan shared hosting.

5. WordPress Hosting

Jenis yang terakhir ini adalah WordPress hosting, WordPress hosting merupakan bentuk lain dari paket shared hosting yang dirancang khusus bagi pengguna WordPress. Server ini sudah dilengkapi dengan fitur pre-installed plugin dengan konfigurasi yang cukup optimal. Paket ini juga biasanya menyediakan beberapa fitur tambahan diantaranya tema, pre-designed, drag-and-drop page builder, dan tool developer yang lebih spesifik.

5. Kesimpulan

Jadi dengan memahami Pengertian Hosting, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis – Jenisnya sekarang Anda sudah lebih fasih dan dapat memulai proses pembuatan sebuah website serta dapat membantu mengembangkan bisnis website yang sedang Anda jalankan. 

Dengan menggunakan hosting yang terbaik dari berbagai penyedia hosting maka membuat Anda lebih dapat merasakan website dengan fungsi dan kegunaan yang tak tertandingkan jadi selamat memulai bisnis dalam pembuatan website Anda.

Leave A Comment

What’s happening in your mind about this post !

Your email address will not be published. Required fields are marked *