fbpx
Banner_Website_Deltacloud_9 08

Sebagian besar para pebisnis, mungkin termasuk Anda, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pengoptimalan mesin telusur atau search engine optimization (SEO). Dengan memanfaatkan jangkauan mesin pencarian, misalnya Google, Yahoo, Bing, dan yang lainnya Anda memiliki kemungkinan untuk mendorong pemasaran produk menjadi lebih aktif lagi. Tapi apakah kalian tahu bahwa mengoptimalkan media sosial bisnis Anda dapat membuat pelanggan semakin mengenal produk Anda?

Hal yang Harus Dilakukan untuk Mengoptimalkan Sosial Media Anda?

Setiap sosial media akan tumbuh sebagai platform teratas dengan jumlah pengguna yang sangat banyak dan semakin meningkat, sehingga mampu menjangkau pasar yang cakupannya lebih luas. Oleh karena itu, penerapan digital marketing secara tepat harus dilakukan agar strategi yang diterapkan dapat sesuai dengan sasaran. Salah satu strategi yang saat ini dipercaya dapat memaksimalkan jangkauan pemasaran online adalah menggunakan social media optimization (SMO).

Baca juga: Cara Menggunakan SSH Untuk Meremote Server

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan Anda agar sosial media bisnis Anda memberi hasil optimal dan membuat produk Anda semakin dikenal calon pembeli. 

Membuat Rencana

Secara umum media sosial mudah untuk digunakan dan Anda bisa memulai dengan membuat sebuah postingan organik sesuai dengan produk dan jasa yang akan Anda jualkan. Anda cukup membuat konten-konten yang sesuai dengan sosial media yang mau digunakan. Masalahnya, membuat konten dan melakukan postingan di media sosial tidak bisa dilakukan sembarangan dan sesuka hati. 

Anda cukup melakukan perencanaan dengan baik dan melakukan posting secara rutin dan terjadwal. Menggunakan metode SMART akan sangat membantu Anda dalam menetapkan tujuan dari digital marketing yang Anda lakukan. SMART di sini adalah yang artinya  Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely

Tentukan Platform Media Sosial yang Tepat

Melalui media sosial, Anda bisa terhubung dengan pelanggan dan membangun interaksi sesama mereka. Di saat bersamaan, Anda dapat sekaligus memperkenalkan produk, jasa dan juga brand yang Anda usung atau tawarkan. Namun agar konten tersebut bisa menjangkau target audiens sesuai yang telah direncanakan, Anda harus memilih platform media sosial yang mau digunakan, yang sesuai dengan tujuan target pemasaran bisnis Anda. 

Alasan mengapa Anda perlu menetapkan platform yang mau digunakan, karena tidak semua orang dapat online melalui platform berbeda secara bersamaan dalam satu waktu. Anda harus memiliki data mengenai aktivitas pengguna untuk setiap platform dan bagaimana konten yang Anda buat bisa menjangkau mereka. 

Biasanya, semua channel media sosial sangat tinggi untuk berpotensi dalam mengelola bisnis, tetapi Anda juga harus memilih yang paling sesuai dengan brand dan produk Anda. Contoh, produk Anda adalah cemilan pedas. Nah Anda dapat melakukan promosi di beberapa platform seperti TikTok, FB, IG dan masih banyak lainnya.

Mengenali Audiens

Alasan lain Anda harus menggunakan sosial media untuk bisnis adalah, Anda dapat meraih micro-target audiens Anda. Tetapi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali siapa calon pembeli Anda. Bahasan ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin dua pada  artikel ini. Produk tertentu cocok untuk audiens tertentu, dan otomatis pemasaran juga perlu dilakukan di media sosial yang cocok untuk keduanya agar promosi Anda dapat berjalan dengan lebih optimal. 

Maka dari itu, Anda perlu melakukan analisis setiap data audiens yang sudah Anda miliki hingga saat ini. Lakukan kompilasi audiens antara satu platform media sosial dengan media sosial lainnya yang Anda gunakan. Perhatikan mana sosial media yang berhasil menjaring lebih banyak para pembeli yang akhirnya jadi pelanggan Anda. Fokuslah pada sosial media tersebut dan jika bisa, kembangkan jaringan yang semakin luas di sosial media yang sudah terbukti mampu mengangkat brand dan produk lokal Anda. 

Perluas Jangkauan Audiens Anda

Setelah Anda mempunyai gambaran yang jelas tentang siapa calon pembeli Anda, selanjutnya Anda harus meninjau atau memperhatikan kembali perencanaan promosi di sosial media Anda. Buatlah secara konsisten konten seperti apa yang sebaiknya akan diangkat, pesan apa yang ingin disampaikan, hingga dengan bagaimana produk Anda dapat menjadi solusi untuk kebutuhan para audiens. 

Jika perlu, buat rencana dalam jangka waktu satu tahun, sehingga dalam proses penerapannya Anda cukup mengembangkan dan mewujudkan rencana tersebut menjadi kenyataan. Tujuan dari perencanaan yang seperti ini adalah persiapan untuk memperluas jangkauan audiens Anda. 

Membangun Hubungan yang Solid

Sama seperti membangun hubungan yang baik antar manusia, membangun hubungan baik antara brand dengan pelanggan pun perlu dilakukan. Hubungan yang baik akan memungkinkan Anda melakukan promosi dengan lebih masif, sekaligus mendapatkan respons dalam bentuk transaksi pembelian. Jika beruntung, Anda juga akan mendapatkan rekomendasi dan promosi gratis dari pelanggan setia Anda. 

Analoginya, ketika Anda ingin membeli suatu produk, namun masih ragu dengan informasi detail mengenai produk tersebut. Agar lebih yakin, Anda pasti meminta saran dari kenalan atau orang terdekat Anda yang kebetulan pernah menggunakan produk tersebut.

 Anda pasti dapat lebih percaya diri dalam menggunakan produk yang sudah direferensikan dan dicoba sendiri oleh seseorang yang mungkin Anda kenal. Pelanggan juga akan mengalami hal yang sama seperti yang Anda alami dalam pengalaman di atas. 

Yang artinya, ketika pelanggan ragu hendak membeli suatu produk, pembeli pasti akan bertanya terlebih dahulu. Rekomendasi yang didapatkannya itulah yang selanjutnya dapat meyakinkannya untuk membeli produk Anda. Fakta ini seharusnya membuka mata Anda, bahwa hubungan yang solid dan akrab dengan pelanggan memungkinkan mereka mau merekomendasikan produk Anda kepada teman-teman mereka tanpa perlu Anda minta dan ini sangat bagus bukan. 

Dalam membangun hubungan yang solid juga dapat dilakukan dengan membuat konten-konten organik dengan storytelling atau reels yang tepat, serta dapat mengangkat kehidupan sehari-hari yang banyak dialami orang. Inilah salah satu cara terbaik untuk mendorong audiens ikut berinteraksi dengan konten yang Anda buat. 

Dan jangan lupa, Anda juga harus secara aktif membalas setiap respons dan komentar yang datang dari para audiens, bisa dalam bentuk menjawab komentar di media sosial, memberi like, hingga dengan membagikan ulang konten review yang dibuat oleh pelanggan.

Kesimpulannya:

Nah tadi itulah beberapa tips dan cara-cara dalam memanfaatkan sosial media dalam mengembangkan bisnis Anda, dan tak hanya sampai disitu saja tetapi Anda juga sudah membangun sebuah brand dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Maka dari itu Selalu menjadi pengguna sosial media yang smart dan juga pintar dalam membangun sebuah brand dan usaha yang Anda miliki dan Anda bangun. Semangat dalam membangun karir dan juga usaha Anda ya.

Leave A Comment

What’s happening in your mind about this post !

Your email address will not be published. Required fields are marked *