Pada ulasan ini kami akan membantu Anda dalam melihat serta mengubah pengaturan file permission menggunakan cPanel File Manager. Pengaturan file permission ini tidak hanya dapat diakses melalui cPanel File Manager saja, kebanyakan program FTP lain juga memiliki fitur ini. Lihat contoh di bawah ini:’

tolong diganti gambarnya

Tabel di atas menunjukkan bagaimana file permission ditampilkan pada akun Anda. Seperti yang dapat Anda lihat, terdapat kode permission pada bagian kanan layar untuk tiap-tiap file yang Anda miliki. Perlu diingat bahwa jenis file dan folder yang berbeda harus diatur sesuai dengan permission-nya masing-masing. Contohnya sebagai berikut:

  • public_html – 750
  • Folders – 755
  • CGI and Perl scripts – 755
  • .html .php and other Document Types – 644

Bagaimana Cara Mengubah Pengaturan File Permission?

Kesalahan pada pengaturan file permission dapat menyebabkan terjadinya kesalahan sistem yang dapat membuat website Anda terkena hack. Ketika seseorang yang tidak Anda kenal memiliki akses masuk menuju file di website Anda, ia dapat melakukan perubahan file permission dan membuat website Anda lebih rentan terhadap serangan.

Di antara semua permission yang ada, rasanya Anda perlu mengingat permission 777. Pengaturan permission ini membuat file Anda dapat dibaca, diubah, dan dijalankan oleh “World” (merujuk pada semua orang di seluruh dunia). Oleh karena itu, apabila Anda menemukan file atau folder yang tidak sesuai dengan pengaturan default-nya, sangat dianjurkan agar Anda mengubahnya kembali ke pengaturan permission yang disarankan. 

Bagaimana Cara Mengubah Pengaturan File Permission?

Anda dapat melakukan perubahan pengaturan file permission menggunakan cPanel File Manager maupun program FTP lain yang Anda sukai.

  1. Pada jendela File Manager, pilih file yang Anda inginkan.
  2. Klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih “Change Permissions” pada menu (bisa juga dengan memilih ikon yang terletak pada bagian atas layar).
tolong diganti
  1. Anda dapat melakukan perubahan dengan cara mencentang pilihan permission yang ada sesuai dengan level akses yang Anda inginkan (User, Group, dan World).
tolong diganti

Jika dirasa sudah cukup, klik tombol “Change Permissions” untuk mengakhiri.

NB:

  • Harap diingat bahwa sebaiknya Anda hanya melakukan perubahan file permission jika dibutuhkan saja.
  • Pastikan juga bahwa Anda tidak memberikan akses ke file yang ada lebih dari yang dibutuhkan karena hal tersebut dapat membuat website Anda lebih rentan dari segi keamanannya. 

Leave A Comment

What’s happening in your mind about this post !

Your email address will not be published. Required fields are marked *