fbpx
Banner_Website_Deltacloud_2 02

Dalam era digital yang semakin meningkat peminatnya, tersorot nama SEO untuk membantu perkembangan sebuah Website dalam menaikan traffic dan sales. Namun sebelumnya Anda sudah mengetahui apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang masuk ke Blog atau Website Anda. Jadi pada artinya pengunjung tidak hanya sekedar mampir ke Website Anda, tapi juga ikut melancarkan Anda dalam meraih tujuan Website, baik itu meningkatkan Branding hingga mendongkrak angka transaksi.

Anda tertarik mempelajari ilmu SEO, bukan?

Mari kita bahas sampai tuntas untuk mengenal apa itu SEO & Bagaimana Prosesnya.

APA ITU SEO?

Kita ulang penjelasan diatas SEO kepanjangannya (Search Engine Optimization) teknik ini merupakan upaya mengoptimasi Website agar bisa mendapatkan Ranking teratas dihasil pencarian Google. Adanya SEO akan mudah orang temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic.

Perlu kalian ketahui setiap hari ada sekitar 3,5 miliar pencarian lewat Google, tidak heran Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari (statista).

Perlu kalian tahu faktanya, 53% traffic Website datang dari pencarian organik (SEO). Pencarian organik adalah sebuah aktivitas mencari informasi dengan memasukkan keyword tertentu ke Google.

CARA KERJA SEO?

Anda tahu, bahwa mesin pencari seperti Google dan Bing menggunakan bot untuk merayapi halaman-halaman di Web. Semua aktivitas tersebut untuk mengumpulkan informasi tentang halaman tersebut dan memasukkan ke dalam indeks. Indeks bisa kita ibaratkan adalah sebuah perpustakaan raksasa dimana pustakawan dapat menarik buku atau halaman Web untuk membantu Anda menemukan apa yang sedang Anda cari. Lalu algoritma menganalisis halaman dalam indeks, dengan mempertimbangkan ratusan faktor peringkat atau sinyal, dalam menentukan urutan halaman yang akan muncul dalam hasil pencarian untuk kueri tertentu.

SEO juga merupakan strategi pemasaran digital yang berfokus pada kehadiran situs Web Anda dihasil pencarian pada mesin pencarian. Jika Anda memahami cara kerja SEO, Anda dapat menggunakan berbagai taktik untuk meningkatkan visibilitas Anda atau seberapa tinggi peringkat Anda dihasil pencarian. 

Berikut kategori taktik SEO terdiri dua cara umum, yaitu :

  • SEO On-page yakni semua strategi terjadi di dalam halaman Web Anda.
  • SEO Off-page yakni semua strategi terjadi di luar halaman Web Anda.

Pada SEO On-page dan SEO Off-page bertujuan untuk membuat situs Web lebih ramah, serta dapat dipercaya, bagi pengguna dan mesin telusur. Saat perayap mesin telusur melihat seberapa ramah situs Web Anda bagi mereka dan pengguna, itu biasanya akan meningkatkan kemungkinan situs Anda akan mendapat peringkat yang baik untuk berbagai pencarian.

Baca juga : Apa Itu Hosting? || Fungsi & Jenis Hosting?

ALAT ATAU APLIKASI PENCARIAN SEO TERBAIK

Perlu kalian ketahui  ada banyak alat dan perangkat lunak yang diandalkan oleh SEO untuk membantu mengoptimalkan situs Web. Berikut adalah beberapa alat gratis dan berbayar yang umum digunakan oleh para praktisi SEO :

  • Google Search Console

Alat ini sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools, alat ini gratis untuk digunakan dan disediakan oleh Google. Google Search Consule akan memberikan peringkat dan laporan lalu lintas untuk kata kunci dan halaman teratas, kemudian akan dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknis di tempat.

  • Google Ads Keyword Planner

Alat ini juga gratis digunakan dan disediakan oleh Google, sebagai bagian dari produk Google Ads mereka. Keyword Planner dirancang untuk pencarian berbayar, ini bisa menjadi alat yang hebat untuk digunakan para praktisi SEO, karena menyediakan saran kata kunci dan volume pencarian kata kunci, yang dapat membantu saat melakukan penelitian kata kunci.

  • Backlink Analysis Tools

Ada sejumlah alat analysis penelitian dan yang paling populer yaitu AHREF dan Majestic. Alat analisis backlink memungkinkan pengguna untuk menganalisis situs Web mana yang tertaut ke situs Web mereka sendiri atau situs Web pesaing, dan dapat digunakan untuk menemukan tautan baru selama pembuatan tautan.

  • Platform SEO

Lalu ada juga alat yang dibutuhkan SEO, beberapa alat yang paling populer yaitu Moz, Linkdex, BrightEdge atau Searchmetrics. Platform ini melacak peringkat kata kunci, membantu, membantu peneliatian kata kunci, mengidentifikasi peluang SEO dihalaman dan luar halaman.

  • Media Social

Beberapa situs media sosial, sebagian besar tidak memiliki dampak langsung pada SEO, tetapi dapat menjadi alat yang baik untuk berjejaring dengan Webmaster lain dan membangun hubungan yang dapat mengarah pada pembuatan tautan dan peluang posting tamu.

TIPS DASAR STRATEGI SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)

Pada strategi SEO juga disebut sebagai pendekatan SEO atau strategi pengoptimalan mesin telusur adalah proses pencarian, penjabaran, dan penerapan langkah-langkah yang dirancang untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Berikut langkah-langkah membuat strategi SEO yang bisa Anda terapkan sendiri :

  • Buat Daftar Kata Kunci/Keyword

Penelitian kata kunci biasanya merupakan langkah pertama dari setiap strategi SEO yang sah. Anda bisa dengan mudah untuk menemukan kata kunci yang dicari oleh pelanggan, target Anda menggunakan Google Suggest.

  • Metadata

Selain riset kata kunci, Metadata tidak hanya sama pentingnya tetapi bisa dibilang cara paling langsung Anda dapat membujuk seseorang ke situs Web Anda, karena ini adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat oleh Google dan calon pengunjung. Google menggunakan apa yang dikenal sebagai crawler, untuk memindai melalui situs Web dan mengumpulkan informasi yang cocok dengan permintaan pencarian, karenanya peringkat yang paling relevan berada diatas.

  • Membuat Tautan

Salah satu faktor penting lainnya dalam kinerja SEO adalah memperoleh backlink. Ini adalah saat situs Web lain menautkan ke situs Anda dalam artikel atau posting Blog. Tidak hanya membantu Anda mendapatkan apa yang dikenal sebagai otoritas domain, tetapi juga secara langsung meningkatkan peluang orang mengklik ke situs Web Anda jika muncul di domain Anda lainnya.

  • Menggunakan SEO Teknis Yang Lebih Luas

Selanjutnya ada berbagai masalah teknis lainnya di bagian belakang situs Anda yang pernah ditangani, dapat membuat perbedaan besar dalam hasil SEO Anda secara keseluruhan. Pada akhirnya, jika UX situs Web Anda tidak lancar dan dapat akses, akan sulit bagi pengunjung mana pun untuk melakukan sesuatu yang signifikan di situs Web Anda. Untuk konteksnya, lebih dari 50% dari semua lalu lintas online adalah seluler, jadi ketika menyangkut hal-hal seperti UX, hal-hal teknis itu penting.

Kesimpulan: sekarang Anda sudah paham apa itu SEO?

Berdasarkan informasi dari Safari Digital, sekitar 61% pemasar percaya bahwa SEO adalah kunci kesuksesan online. Maka dari itu bisnis modern mengalokasikan rata-rata 41% dari anggaran pemasaran mereka. Luangkan waktu untuk menguraikan strategi SEO yang tepat dapat merevolusi tidak hanya lalu lintas online Anda, tetapi juga bisnis Anda secara keseluruhan.

Munculnya pandemik Covid-19 bahwa pengguna internet telah meningkat, masyarakat saat ini lebih sering mencari, menjual, membeli segala sesuatu melalui online. Jadi peningkatan SEO itu sangat sekali penting dalam meningkatkan traffic website. Seperti sebelumnya jika Anda mengetahui materi SEO lebih luas bisa menambahkan informasinya pada kolom komentar.

Leave A Comment

What’s happening in your mind about this post !

Your email address will not be published. Required fields are marked *